5 Tindakan Mengatasi Migren - Tips Sehat Dan Cantik

Terbaru!

Post Top Ad

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, 20 February 2018

5 Tindakan Mengatasi Migren

migren, sakit kepala
Tips Sehat dan Cantik - 5 Tindakan Mengatasi Migren. Sebagaian orang mempunyai keluhan sakit kepala sebelah. Keluhan sakit kepala sebelah inilah yang kemudian disebut dengan migren. Bagi yang menderitanya maka kepala akan terasan seakan kepala akan lepas separoh. Sakitnya sangat luar biasa dan biasanya berlangsung sekitar 4 jam. Rasa sakit yang dirasakan akan semakin terasa bila kita bergerak atau saat melakukan aktifitas berpikir.

Dalam catatan Info Kesehatan dan Info Kecantikan, kaum wanita 3 kali lebih sering terserang migren bila dibandingkan dengan pria. Duabelas hingga tiga puluh persen penderita biasanya melihat sinar yang menyilaukan atau titik hitam yang melintas di depan mata sebelum migren melanda.

5 tindakan yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan migren di kepala-- paling tidak menurut Info Kesehatan dan Info Kecantikan adalah sebagai berikut:

1. Mencari tahu penyebab

Berdasarkan beberapa pengalaman yang sempat dicatat oleh Info Kesehatan dan Info Kecantikan, penyebab migren apalagi yang kasusnya terjadi berulang biasanya disebabkan oleh masalah yang sama, seperti saat datang bulan, stress atau saat berpanas-panasan. Sebab lain adalah perut dalam koindisi kosong (lapar), tubuh tidak fit karena masuk angin, kelelahan karena aktifitas berat, posisi kepala (saat  duduk atau tidur yang tidak simetris) juga dapat memicu munculnya nyeri kepala sebelah. Dan bila Anda kurang tidurpun dapat menjadi penyebab sakit kepala sebelah.

Setelah Anda mengetahui pemicunya maka solusinya adalah dengan menjaga agar hal-hal yang menjadi penyebab tidak secara berulang terus terjadi.Sedikit tips, makanlah secara teratur dan makan makanan ringan secara rutin. Tujuan dari hal ini adalah untuk menjaga gula darah tetap stabil.

Bila kondisi kepala sedang terserang migren maka istirahatlah dan jangan beraktifitas terlebih dahulu. Semakin kita beraktifitas maka sakitnya semakin luar biasa dirasakan.

2. Minum aspirin

Untuk kasus tertentu, istirahat belum mampu melenyapkan nyeri sebelah di kepala. Bil kondisi Anda demikian maka cobalah minum aspirin. Obat ini lebih aman untuk kesehatan. Dan segeralah berkonsultasi dengan dokter tentang obat yang tepat bagi Anda.

3. Hindari stress

Bila migren disebabkan oleh beratnya tekanan (stress) dalam kehidupan keseharian Anda maka berlatihlah mengatur pernapasan, meditasi atau bersikap rileks untuk mengatasi stress pemicu migren. Tindakan ini akan membantu Anda mengurangi rasa sakit di kepala yang Anda Rasakan.

4. Pijat kulit kepala

Dalam situasi tertentu ketika Anda tidak dapat meminta pertolongan kepada orang lain maka lakukan pemijatan pada kulit kepala dengan menggunakan sepuluh jari.

Caranya : duduklah dengan posisi serileks mungkin, turunkan bahu, dan longgarkan baju. Kemudian pelan-pelan lakukan pemijatan kepala dengan 10 jari, mulai dari dahi hingga ujung kepala. Rabalah secara perlahan dengan ujung jari hingga menemukan posisi yang sakit, lakukan hingga berulang kali sampai rasa sakit mulai berkurang. Seiring  dengan redanya rasa sakit di area pusat sakit maka migren pun juga hilang.

5. Tidur yang cukup

Lakukan kebiasaan baik dengan tidur dan istirahat yang cukup. Kurang tidur atau karena bergadang semalaman dapat memicu munculnya penyakit migren.

Bila Anda memiliki perkejaan yang mengharuskan untuk bergadang di malam hari, maka sebaiknya Anda menggantinya dengan tidur yang cukup di siang hari.

Artikel-artikel menarik selanjutnya seputar info kesehatan, artikel kesehatan, tips kesehatan, kesehatan wanita, tips kecantikan, perawatan wajah, dunia hukum dan keadilan, keluarga, gadget terbaru, tips dan trik blog, SEO, komputer dan aneka tips dapat Anda nantikan di blog ini. 

No comments:

Post a comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here