5 Jenis Makanan Penangkal Flu - Tips Sehat Dan Cantik

Terbaru!

Post Top Ad

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, 14 February 2017

5 Jenis Makanan Penangkal Flu

makan pagi, sarapan sehat
Info kesehatan dan Kecantikan - Ada jenis Makanan yang dapat digunakan untuk menangkal flu. Makanan tersebut bukanlah obat, tetapi dapat bermanfaat seperti obat pereda influenza. Sebagaimana diketahui bahwa ketika cuaca sangat ekstrim maka umumnya tubuh mengalami kesulitan untuk beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan cuaca. Terlebih ketika udara sangat dinging di pagi hari seperti waktu-waktu yang sudah terjadi.

Pada saat cuaca ekstrem, biasanya kekebalan tubuh kita menjadi menurun. Akibatnya adalah kita kehilangan kemampuan untuk menangkal virus. Dan flu adalah menjadi penyakit nomor pertama yang kemudian menyerang kita.

Agar tubuh kita tidak rentan terhadap berbagai penyakit khususnya influensa dan menurunnya daya tahan tubuh, Maka Tambahkan beberapa menu makanan pilihan pada santapan sarapan pagi Anda. Inilah 5 jenis makanan yang dapat menangkal flu dan meingkatkan dayat tahan tubuh :

1. Kiwi

Buah kiwi sepadan dengan vitamin C 90 hingga 110 mg. Konten vitamin C-nya lebih banyak dari jeruk yang selama ini lebih dikenal sebagai sumber vitamin C. Kiwi juga merupakan sumber potassium, yaitu mineral penting yang berguna untuk menguatkan otot dan syaraf.

Kiwi merupakan kemasan flavonoid dan karotenoid antioksidan yang berguna dalam membantu menciptakan kesehatan sistem pernafasan dan kerja jantung yang optimal.

Sehingga dapat dipahami jika buah kiwi sangat baik untuk mempertahankan imun tubuh. Maka gunakanlah kiwi sebagai tambahan menu sarapan pagi Anda. Caranya, Anda cukup menambahkannya potongan kiwi pada salad atau mencampurkannbya ke dalam yogurt.

2. Pepaya

Papaya mempunyai sifat sebagai anti inflamasi. Sehingga sangat dianjurkan untuk ditambahkan dalam menu sarapan pagi.

Vitamin C juga banyak terkandung dalam buah pepaya ini. Keberadaanya akan memasok 313 persen kebutuhan vitamin anda setiap harinya. Betakaroten yang terdapat dalam buah papaya adalah phytonutrisi yang akan dirubah menjadi vitamin A yang sangat berguna untuk menjaga daya tahan tubuh dan juga menjaga kesehatan mata, kulit, dan membran mukosa.

3. Gandum

Saya berani memastikan jika Anda sudah terbiasa dengan sarapan roti gandum. Karena makanan jenis ini sangat mudah dijumpai. Roti yang terbuat dari gandum tersebut sangat bermanfaat bagi Anda dalam menangkal influenza.

Selain roti, Anda juga dapat memanfaatkan biji gandum murni secara langsung dengan cara diselipkan pada menu sarapan pada saat Anda mengalami flu yang umunya menyertai cuaca dingin. Vitamin dan lemak yang terdapat dalam biji gandum tersebut dapat membantu memberikan kekebalan tubuh Anda dengan sangat baik. Demikian juga halnya dengan vitamin E dan antioksidan yang bekerja memerangi peradangan. Sangat disarankan Anda menaburkan biji gandum ini pada sereal, oatmeal, atau yogurt.

4. Telur

Bagian kuning yang terdapat dalam sebutir telur lebih banyak memberikan manfaat jika dibandingkan dengan bagian putih telurnya. Kuning telur adalah sumber selenium, yaitu mineral kuat yang dapat mensupport sistem kekebalan tubuh sehat Anda.

Penelitian tentang telur memang telah membuktikan jika kuning telur sangat berpotensi menumbuhkan kolesterol. Akan tetapi kuning telur ini mengandung lemak jenuh yang relatif masih rendah.

5. Jahe

Bila Anda beringinan melakukan tindakan cepat guna menangkal gejala flu, maka jahe adalah pilihan yang sangat tepat.

Jahe, disamping berguna untuk meningkatkan kesehatan pencernaan, juga dapat mengurangi kadar gas dalam tubuh kita dan sekaligus mengurangi rasa sakit.

Campurkanlah irisan jahe segar ke dalam minuman teh kita untuk diminum setelah sarapan pagi.

No comments:

Post a comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here