5 Makanan Penangkal Kolesterol Jahat - Tips Sehat Dan Cantik

Terbaru!

Post Top Ad

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, 14 February 2017

5 Makanan Penangkal Kolesterol Jahat

LDL_Kolesterol_Jahat
Tip Menurunkan Kolesterol jahat | Tahukah Anda bahwa ada beberapa macam makanan yang mampu menangkal dan menghancurkan kolesterol jahat. Dalam posting ini akan diberikan 5 jenis makanan yang bermanfaat untuk menghancurkan kolesterol jahat tersebut. Sesungguhnya merupakan hal mudah untuk menghadapi dampak negatif dari kolesterol jika Anda tahu tips dan resepnya sederhananya.

Ada beberapa penyakit yang disebabkan oleh kolestrol jahat yang ada dalam darah kita. Diantara penyakit tersebut adalah penyakit yang bersinggungan dengan jantung dan otak. Misalnya jantung koroner dan stroke. Penyakit-penyakit tersebut merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Dan bahkan termasuk penyakit yang menempati ranking atas sebagai penyebab kematian manusia.

Sesungguhnya apa sih kolesterol itu? Kolesterol adalah senyawa kimia yang terdiri dari percampuran lipid atau lemak dan steroid. Asal kolersterol dalam darah manusia dari dua sumber. Yang pertama adalah diproduksi sendiri oleh tubuh secara alami dan yang kedua adalah kolesterol yang diproduksi atau didapat dari asupan makanan kita sehari-hari.

Dari jenis-jenis kolesterol, yang berbahaya adalah low density lipoprotein (LDL). Kolesterol inilah yang harus di lawan. Kolesterol jenis low density lipoprotein (LDL) ini merupakan kolesterol jahat yang biusa menimbulkan terjadinya penyumbatan dan dapat menghambat sirkulasi darah menuju otak. Jika Kadar LDL dalam darah melampau batas kewajaran maka akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Untuk mengatahui seberapa tinggi LDL dalam darah kita maka diperlukan tes darah secara rutin dan berkala. Mengontrol kolesterol jahat juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan tepat dan rendah kolesterol.

Berikut ini adalah 5 jenis makanan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan jadikan sebagai bagian menu keseharian kita.

Jus tomat

Jika Anda termasuk orang dengan LDL tinggi dan hendak menurunkannya maka cobalah untuk mengkonsumsi satu gelas jus tomat dan dua sendok makan saus tomat setiap hari dalam rentang waktu tiga pekan guna menurunkan kadar kolesterol jahat. Tips dan cara ini sudah terbukti manjur untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sekitar 8,5 persen. Tingkat keberhasilan sudah dipublikasikan berdasar hasil studi dalam British Journal of Nutrition.

Daging sapi tanpa lemak

American Journal of Clinical Nutrition telah mempublikasikan bahwa  konsumsi daging sapi tanpa lemak 4-5 ons sehari mampu menurunkan kadar kolesterol jahat sampai 10 persen. Kesimpulan tersebut juga didasarkan pada studi terbaru.  Tentu hal tersebut harus diimbangi dengan pola diet yang sehat.

Protein kedelai

Dalam publikasi yang diterbitkan oleh Journal of Clinical Lipidology disebutkan bahwa protein nabati yang terdapat dalam kedelai lebih efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat jika dibandingkan dengan protein susu. Sebuah penelitian pada 2010 mendapati bahwa dengan mengkonsumsi kedelai secara rutin akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sampai 8-10 persen.

Kacang almond

Segenggam kacang almon yang Anda konsumsi tidak hanya akan membantu mencukupi kebutuhan Vitamin E dalam tubuh, melainkan juga mampu menurunkan kadar kolesterol LDL. Kesimpulan tersebut diambil dengan mendasarkan pada sebuah studi yang dipublikasikan Journal of American Dietetic Association.

Kacang pistachio

Kacang pistachio mempunyai peran dalam menstabilkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita. Sehingga mengkonsumsinya adalah tindakan tepat bagi orang dengan kadar kolesterol jahat tinggi. Disamping itu, kacang pistachio juga kaya akan kandungan antioksidan yang dapat ditemukan dalam buah dan sayur berwarna cerah. Demikian para peneliti di Penn State.

Demikianlah tips menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah yang diambil dari 5 jenis makanan yang ada di sekitar kita. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here