Tidur : Cara Murah Melangsingkan Badan - Tips Sehat Dan Cantik

Terbaru!

Post Top Ad

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, 14 February 2017

Tidur : Cara Murah Melangsingkan Badan

tidur-lelap-nyenyak-sehat
Tahukah Anda bahwa tidur adalah cara mudah dan murah untuk melangsingkan tubuh dan menurunkan berat badan. Bila Anda memiliki badan gemuk (obesitas) maka lakukan tips tidur yang dapat membuat tubuh anda lansing dan sehat.

Sebagaimana diketahui bahwa tidur tidak sekedar dapat mengmbalikan kesegaran tubuh, tetapi juga merupakan cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Melakukan tidur dengan cukup menyebabkan hormon ghrelin yang terdapat dalam tubuh menjadi berkurang. Ghrelin adalah hormon yang merangsang meningginya nafsu makan.

Berdasarkan kesimpulan dari sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition disebutkan bahwa orang-orang yang memiliki waktu tidur kurang, menunjukkan adanya peningkatan jumlah kalori secara signifikan sebagai akibat dari ngemil. Hal tersebut bertolak belakang dengan orang-orang yang mempunyai waktu tidur cukup.

Seseorang yang waktu tidurnya berkekurangan maka terangsang untuk ngemil. Dan kebiasaan tersebut memacu untuk mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah lebih banyak, sementara protein jumlahnya lebih sedikit. Hal terebut masih ditambah dengan adanya kecenderungan untuk tidak mengonsumsi sayur-sayuran dengan cukup.

Tidur memiliki kemampuan untuk membakar lemak tubuh. Ketika seseorang tidur, terjadi proses memetabolisme karbohidrat secara efisien yang akan digunakan sebagai sumber energi. Dan sebaliknya,
kekurangan tidur akan mengganggu proses metabolisme dan mengakibatkan terjadinya timbunan lemak. Terjadinya timbunan lemak memiliki efek terjadinya penambnahan berat badan. Kurang tidur akan memicu rasa lapar dan meningkatkan nafsu makan..

Berikut ini adalah tips dan trik beauty rest.

1. Luangkan waktu tidur cukup.

Bila Anda mampu menyediakan waktu tidur lebih lama dalam keeharian, misalnya tujuh sampai delapan jam, Maka Anda akan mampu menurunkan berat badan sekitar tujuh kilogram dalam setahun.

2. Disiplin dengan waktu tidur.

Disiplin waktu tidur dapt berupa aturan untuk Anda, kapan memulai tidur. Bila perlu bunyikan juga alarm untuk mengingatkan dan memastikan Anda akan waktu tidur.

3. Tidur dalam ruang redup.

Kondisi ruang yang temaran atau redup dan bahkan gelap akan membantu Anda untuk lebih cepat tertidur pulas. Jika memang diperlukan, Anda dapat memakai masker penutup mata untuk menghindari paparan cahaya. Dalam kondisi temaram atau gelap stimulasi produksi zat melatonin dalam tubuh, yaitu hormon yang merangsang timbulnya rasa kantuk akan terjadi.

4. Lakukan rileksasi.

Melakukan relaksasi seperti teknis bernapas, meditasi atau olahraga yang menenangkan otot dapat menciptakan kenyamanan. Demikian juga mendengarkan musik lembut atau mandi air hangat sebelum tidur. Ketika Anda merasa lebih rilek, detak jantung dan pernapasan melemah, maka hal tersebut menjadi pertanda Anda siap untuk beristirahat.

No comments:

Post a comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here