5 Cara Mencegah Osteoporosis - Tips Sehat Dan Cantik

Terbaru!

Post Top Ad

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, 14 February 2017

5 Cara Mencegah Osteoporosis

Cara Mencegah Osteoporosis
Cara Mencegah Osteoporosis - Osteoporosis atau pengeroposan tulang tidak hanya diderita oleh orang tua, tetapi juga banyak orang yang masih muda. Kenapa banyak juga orang yang masih muda sudah mengalami penyakit pengeroposan tulang atau osteoporosis inidan apa penyababnya?

Upaya pencegahan terhadap osteoporosis atau pengeroposan tulang harus dilakukan. Tentu saja harus tahu tips dan cara mencegah osteoporosis. Sesungguhnya ada cara mudah dan murah untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang.

Cara mencegah osteoporosis yang terbaik adalah melakukannya upaya pencegahan sedini mungkin. Pencegahan osteoporosis seharusnya dilakukan sejak masih berada dalam kandungan ibu. Seorang ibu harus terpenuhi kebutuhan kalsiumnya. Kalisium ini yang merupakan bahan guna membentuk tulang pada bayi.

Bila seorang bayi telah lahir dan disusui, maka cara mencegah osteoporosis pada bayi adalah si ibu wajib banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium. Hal ini perlu dilakukan karena seorang ibu harus berbagi dengan bayinya melalui asupan ASI.

Meskipun cara mencegah osteoporosis tidak Anda lakukan sejak awal, tidak berarti telah hilang harapan kesempatan untuk terhindar dari penyakit ini. Anda bisa melakukannya sekarang tips mencegah osteoporosis asalkan dilakukan secara konsisten.

Cara Mencegah Osteoporosis


Cara Mencegah Osteoporosis
Berikut ini adalah tips dan cara mencegah osteoporosis yang dapat dilakukan secara mudah dan murah.


1. Kalsium

Cara mencegah osteoporosis yang pertama adalah mencukupi kebutuhan kalsium sebagai bahan pembentukan tulang kuat. Kalsium bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi susu. Bila tidak menyukai atau bahkan alergi susu, Anda dapat enggantinya dengan yoghurt, keju, atau es krim yang mengandung susu.

Banyak remaja yang menghindari susu karena takut kegemukan. Padahal susu merupakan sumber kalsium dan merupakan bagian dari cara menegah osteoporosis. Kebutuhan kalsium dapat diperoleh mengonsumsi kalsium yang berbentuk tablet. Ada beberapa kasus sakit perut setelah minum susu. Sesungguhnya penyebab sakit perut bukan kalsiumnya, tapi protein susu. Jadi lebih baik perkecil dosis atau encerkan susu.


2. Hidup aktif

Cara mencegah osteoporosis yang kedua adalah hidup aktif dan bergerak. Bergerak tidak mesti selalu dalam bentuk mengikuti senam. Bergerak dapat juga berupa jalan kaki, jogging atau bahkan melakukan permainan-permainan yang membutuhkan keaktifan dalam bergerak. Permainan seperti yang banyak kita ketahui misalnya adalah galah asin, engklek, dan lompat tali sangat cocok untuk dijadikan stimulan.

3. Menghindari obat steroid

Cara mencegah osteoporosis yang ketiga adalah menghindari obat-obatan yang mempengaruhi terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang seperti obat-obatan steroid ataupun obat untuk asma. Jika dengan terpaksa Anda harus mengonsumsi obat tersebut, maka berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter Anda. Mengonsumsi obat-obatan steroid dalam jumlah tertentu akan menyebabkan terjadinya pengeroposan tulang. Dan biasanya dokter selalu mempertimbangkan akan terjadinya kemungkinan ini.


4. Sinar matahari

Cara mencegah osteoporosis yang keempat adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari. Berjemur di bawah sinar matahari merupakan salah satu cara mencegah osteoporosis dan tentu saja hal itu menjadi penting sekali. Sinar matahari yang mengandung ultraviolet, akan merubah provitamin D yang ada di bawah kulit menjadi provitamin D3 yang sangat dibutuhkan untuk metabolisme kalsium.


5. Menghentikan kebiasaan buruk

Cara mencegah osteoporosis yang kelima adalah menghentikan kebiasaan buruk. Sebagai contoh kebiasaan buruk adalah mengonsumsi alkohol, merokok, dan meminum minuman yang mengandung soda. Kebiasaan minum minuman yang bersoda bagi remaja sebaiknya dikurangi karena akan mempengaruhi asupan kalsium dalam tubuh.

Demikian artikel mengenai cara mencegah osteoporosis dan bila menarik serta bermanfaat bagi Anda silahkan berikan komentar.

No comments:

Post a comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here