Penyebab Bau Mulut dan Cara Menghilangkannya - Tips Sehat Dan Cantik

Terbaru!

Post Top Ad

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Wednesday, 15 February 2017

Penyebab Bau Mulut dan Cara Menghilangkannya

Info Shatan dan Cantik | Penyebab bau mulut dan tips menghilangkannya - Anda mempunyai masalah dengan bau mulut? No! Bila ada yang memiliki masalah bau mulut ada baiknya mengetahui penyebab dan cara menghilangkannya.

Ada banyak penyebab bau mulut. Salah satu yang paling dominan adalah bakteri. Meskipun bau mulut sangat mengganggu, masih banyak orang yang tidak memperhatikan masalah ini walaupun menyebabkan orang lain tidak nyaman.

Bila penyebab bau mulut adalah bakteri yang terdapat dibalik lidah, maka bakteri itulah yang memproduksi senyawa belerang, penyebab utama bau mulut yang mudah menguap.

Bila bukan karena bakteri maka bau mulut kemungkinan disebabkan oleh infeksi amandel, hidung atau tenggorokan. Bila demikian halnya maka menemui dokter gigi atau THT untuk konsultasi adalah langkah bijak.

Adapun sebab-sebab lainnya adalah gigi berlubang, karang gigi, kurang menjaga kebersihan dan kesehatan mulut dan gigi, dan bisa juga disebabkan oleh penyakit tertentu yang tidak ada hubungan langsung dengan mulut.

Berikut ini adalah tips menghilangkan bau mulut :

  1. Gunakan pembersih lidah (bisa mnggunakan sikat gigi) untuk menghilangkan bakteri yang mengeram di bagian belakang mulut antara 5 - 15 kali, terutama bagian tengah lidah.
  2. Jaga kebersihan sela gigi dengan Floss tiap hari guna mengurangi bakteri
  3. Cobalah menggunakan obat kumur secara rutin
  4. Hilangkan karang gigi dengan mendatangi dokter gigi
  5. Menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur
  6. Bila Anda memakai gigi palsu dan kawat gigi lepasan, maka sebaiknya dibersihkan secara rutin.
  7. Usahakan mulut tetap lembab, perbanyaklah minum air putih ataupun dengan mengunyah permen karet yang tidak mengandung gula
  8. Sebaiknya Anda mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali dengan yang baru
  9. Secara rutin periksakan gigi Anda ke dokter gigi paling lama 6 bulan sekali
Pada prinsipnya, bau mulut adalah persoalan kesehatan gigi dan mulut. Oleh karena itu langkah dan cara paling mudah mencegah dan menghilangkan bau mulut adalah dengan menjaga kebersihan mulut dan gigi.

Demikian artikel tentang Penyebab bau mulut dan cara menghilangkannya, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here