Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan - Tips Sehat Dan Cantik

Terbaru!

Post Top Ad

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Wednesday 2 August 2017

Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

Manfaat kayu manis bagi kesehatan jantung, mencegah diabetes, meningkatkan fungsi otak. Mengandung antioksidan
Kayu manis mempunyai manfaat bagi kesehatan jantung, mencegah diabetes, dan meningkatkan fungsi otak. Ia juga mengandung antioksidan yang sangat berguna bagi tubuh. Dalam menyehatkan tubuh, ia mampu menetralisir tubuh sesudah mengonsumsi makanan yang tinggi kolesterol dan gula.

Satu sendok teh kayu manis mengandung antioksidan yang manfaatnya setara dengan setengah gelas bluberi. Kecuali itu, rempah ini juga mengandung antimikroba yang mampu menjauhkan bakteri e coli dan jamur candida.

3 Kegunaan kayu manis bagi kesehatan tubuh


Di bawah ini adalah manfaat atau kegunaan lain dari kayu manis yang sangat baik bagi kesehatan tubuh sebagaimana dilansir dari Health:

1. Kayu manis untuk meningkatkan kesehatan jantung
Mengonsumsi makanan mengandung lemak tinggi, memicu kadar lemak dalam darah atau trigleserid meningkat sehingga memicu penyakit jantung. Guna menetralkannya, Anda dapat mengonsumsi kayu manis.

Baca juga: Inilah Alasan Pentingnya Patch Test Sebelum Menggunakan Produk Perawatan Baru

Hasil penelitian menunjukan bahwa penambahan rempah pada makanan menunjukkan hasil yang positif. Selama dua hari berbeda, para responden diminta menambahkan dua sendok makan rempah, tak terkecuali kayu manis, ke dalam makanan yang mengandung lemak. Kemudian makanan diuji serta dibandingkan dengan makanan yang sama namun tanpa rempah. Lalu peneliti mengambil contoh darah yang diambil sesudah makan dan hasilnya menunjukkan ada penambahan kadar antioksidan di dalam darah sebanyak 13% dan trigleserid minus sampai 30%.

2. Kayu manis untuk mencegah diabetes
Hasil penelitian University of Georgia menunjukan bahwa kayu manis mampu memprevensi kerusakan jaringan tisu dan inflamasi yang diakibatkan oleh tingginya kadar gula darah. Di saat kadar gula darah tinggi, gula akan menyatu dengan protein dan membentuk senyawa advenced aglycation end (AGE).

Lalu AGE mengaktifkan sistem imun sehingga memicu inflamasi dan kerusakan jaringan tisu yang terkait dengan diabetes dan penuaan. Terdapat hubungan langsung antara kandungan antioksidan dalam kayu manis dengan kemampuan mencegah terbentuknya AGE. Maka hal itu juga dapat menurunkan risiko kerusakan jantung, karena AGE berperan dalam pengerasan arteri.

3. Kayu manis untuk fungsi otak yang lebih baik
Mencium serta mengonsumsi kayu manis diyakini secara signifikan dapat meningkatkan proses kognitif dan meningkatkan fungsi otak. Sebuah penelitian di Wheeling Jesuit University meminta responden menyelesaikan tugas berbasis komputer dengan mengunyah permen tawar atau yang mempunyai rasa kayu manis, peppermint, dan melati. Hasilnya menunjukkan, responden yang diberi permen kayu manis mempunyai proses kognitif yang paling baik.


Rupanya kayu manis dapat mempercepat respon visual motorik serta meningkatkan fokus. Peneliti juga menemukan jika kayu manis mampu memulihkan otak. Ekstrak kayu manis dapat mencegah pembengkakan sel otak karena trauma kecelakaan otak atau stroke.

1 comment:

Post Top Ad

Responsive Ads Here